MENGAPA YESUS BUTUH MURID
Bacaan : Matius 4 : 18 - 22

 

 
Yesus memanggil Petrus dan Andreas

Sebuah pertanyaan yang jarang terungkap adalah mengapa Yesus membutuhkan murid ? pernahkan pertanyaan ini ada di benak saudara !.

Kata murid dalam Alkitab -Lembaga Alkitab Indonesia- diterjemahkan dari, kata Limmud, bahasa Ibrani; dan kata Mathetes, Matheteuo, - bahasa Yunani- artinya menjadi murid, menjadikan orang lain menjadi murid, Mat 27:57, 28:19; Discipulus, bahasa Latin, yang artinya murid atau pelajar, mereka yang mau belajar dengan Penuh disiplin.
Perjanjian Lama menunjukkan ciri umum hubungan hubungan guru-murid pada masa lalu atau antara orang yang mengajar dan yang diajar, misalnya, dalam 1 Taw 25:8; Yes 8:16, 50:4, 54:13. Hal yang sama juga dilakukan oleh para filsuf Yunani dan rabi Yahudi, mereka mengumpulkan sejumlah murid - yang selalu bersama atau berada di sekitarnya- untuk mendengar ajaran-ajaran. Dalam keadaan tertentu salah satu atau beberapa orang di antara para murid dibimbing secara khusus - dikader - sebagai ahli waris sang guru

Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, atau seorang hamba dari pada tuannya. ( Matius 10 : 24 ) bahkan dalam Matius 10 : 25 menegaskan " Cukuplah bagi seorang murid jika ia menjadi sama seperti gurunya dan bagi seorang hamba jika ia menjadi sama seperti tuannya." Itulah sebabnya murid Yesus juga diberi kuasa seperti yang tertulis dalam Matius 10:1. " Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. "

Perjanjian Baru, juga menunjukkan bahwa tradisi hubungan guru-murid -seperti pada masa Perjanjian Lama - masih tetap berlangsung. Pada masa Perjanjian Baru , murid berarti seseorang yang menerima ajaran dari orang lain, misalnya:

  • ajaran Yohanes Pembaptis, Mat 9:14; Yoh 1:35
  • ajaran orang Farisi, Mrk 2:18; Luk 5:33
  • ajaran Musa, Yoh 9:28, dll

Pemakaian kata murid, biasanya dalam arti umum, misalnya Mat 10:42; Luk 6:17; Yoh 6:66. Secara khusus dipakai untuk menandakan pengikut Tuhan Yesus -12 murid, Mat 10:1, 11:1- yang meninggalkan segala sesuatu untuk mengikuti-Nya. 
Dalam Kisah Rasul, kata murid dipakai untuk menyebut orang-orang percaya, yang mengakui Yesus sebagai Mesias, Kisah 6:1, 2, 7, 9:36, 11:26.1. Murid juga digambarkan sebagai ibuNya dan saudara saudaraNya ( Matius 12 : 49 ). Sebelum Tuhan Yesus melanjutkan pekerjaan dan pelayanan-Nya. Ia memilih beberapa orang dari mereka yang selalu mengikutiNya, untuk menjadi "pembantu"-Nya secara khusus, atau sering kali disebut 12 murid, Mat 10:1-4; Mrk 3:13-19; Luk 6:12-16. 
Mereka yang dipanggil secara khusus tersebut, harus menyertai Yesus kemana saja Ia pergi, Mrk 3:14. Menurut Mat. 19:27-30, upah menjadi murid Tuhan Yesus, adalah mendapat kembali 100 kali lipat semua yang ditinggalkan, serta hidup kekal.

Peran murid - murid Yesus adalah

  • Murid merupakan saksi hidup tentang cara pandang dan ajaran dari sang guru. Karena sosok murid selalu mengikuti kemana sang guru berada.
  • Murid merupakan kepanjangan tangan dari sang guru dalam penyampaian pesan pesan dan firman Allah.
  • Murid menyaksikan kuasa Allah dalam diri sang guru.
  • Murid memiliki tugas untuk menyebarkan ajaran dari sang guru . Seperti dalam Matius 28 :19 " Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, " dan Kisah Para Rasul 6 :7 Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.

Apa yang bisa kita petik dari uraian tersebut diatas adalah murid merupakan jiwa untuk selalu belajar dan belajar. Sosok guru tidak berarti dia sudah pandai dalam segala hal tetapi sang guru juga bisa disebut sebagai murid. Demikian juga Yesus adalah juga seorang murid seperti yang tertulis dalam Yohanes 8:28 '

Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwaAku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku. ' .

Ayat Yohanes 8 : 28 seperti tersebut diatas jelas mengatakan bahwa Yesus adalah juga seorang murid yang belajar dan menyampaikan apa yang telah di ajarkan Bapa kepada Yesus. Jadi bisa disimpulkan bahwa guru yang sejati adalah Allah Bapa. Adalah sumber dari segala kesempurnaan.

Ada pertanyaan lainnya terkait dengan murid Yesus yaitu mengapa begitu mudahnya Yesus memanggil murid muridnya ? dan mengapa para murid dengan serta merta meninggalkan aktivitasnnya dan mengikutiNya ? Dalam bacaan bacaan di Perjajanjian Baru menyebutkan bahwa para calon murid Yesus hanya bertemu dalam satu tatap muka dengan Yesus dan mereka mau mengikutiNya dan meninggalkan segala sesuatu . Mungkin sebagian dari anda akan menjawab karena karunia Roh kudus yang menggerakkan para murid untuk mengikuti Yesus dan bersedia menjadi murid Yesus dalam satu kali tatap muka. Atau bisa jadi pada tatapan pertama tersebut wibawa dan kharisma Yesus sehingga para murid bersedia mengikuti Yesus. 
Karena kalau difikir fikir bagaimana mungkin hanya dalam satu kali pertemuan langsung terpikat seperti kena pelet ? Alkitab juga telah menjelaskan bahwa murid Yesus mengenali Yesus sebagai yang terpilih ( Mesias ) seperti tertulis Ketika Filipus berkata kepada Bartolomeus , " Kami telah menemukan Dia yang disebut oleh Musa dalam Kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazareth ", Yohanes 1: 45; dan Andreas membawa saudaranya sendiri Simon Petrus, kepada Tuhan Yesus. " Andreas mula-mula bertemu Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya, " Kami telah menemukan Mesias, artinya Kristus ". Ia membawanya kepada Yesus, Yohanes 1:41 " Disini ada pengenalan bahwa murid Yesus sudah mengenal Yesus pada pandangan pertama bahwa Yesus adalah Mesias. Pengenalin ini juga merupakan misteri, dan pra teolog berpendapat bahwa pengenalan singkat itu merupakan permulaan pengenalan Yesus lebih mendalam dengan menjadi muridnya. Dan tentu saja tidak lepas dari karya Roh Kudus.

 

12 Orang Murid Yesus
12 MURID YESUS terdiri atas Petrus (yang menurut beberapa denominasi adalah "Ketua Para murid"), Andreas, Yakobus Besar, Yakobus Kecil, Yohanes, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Tadeus, Simon, dan Yudas Iskariot.. Setelah kematian Yudas, Matias menjadi salah satu dari Keduabelas murid. Dalam Injil-Injil sinoptik, Markus merinci nama-nama Kedua belas Murid, Matius mengikuti daftar Markus, dan Lukas mengganti Tadeus dalam daftar Markus dengan Yudas.

Yohanes mencatat Keduabelas murid yesus tanpa merinci semua nama mereka, dia menambahkan Natanael, dan menggunakan istilah "Murid yang dikasihi" ( agaknya untuk menyebut Yohanes ). Dipilihnya duabelas orang sebagai murid terdekat dengan Yesus itu mungkin sekali ada sangkut-pautnya dengan Duabelas Suku Israel. Dalam Injil-Injil sinoptik, Yesus memilih Petrus, Yakobus, dan Yohanes untuk menjadi saksi mata ketika Dia berubah wujud dan untuk menemaninya tatkala di taman Getsemani yesus melarikan diri dari hukuman salib dan lari dari kejaran tentara romawi yang akan menyalibkannya. .

Dalam 4 Injil , Keduabelas murid Yesus ini dikisahkan cerdas dan menjadi saksi kunci dalam berbagai peristiwa penting kehidupan yesus, berbeda dengan paulus yang tidak menjadi saksi kunci pada peristiwa penting apapun dalam kehidupan yesus, sehingga dalam pemahaman paulus perihal ajaran yesus banyak terjadi penyimpangan. Kisah Para Rasul mencatat sepak-terjang penyimpangan paulus dan perselisihan paulus dengan ke12 murid yesus di tahun-tahun sesudah Yesus naik ke sorga. diantara 12 murid yesus, yang paling gencar permusuhannya terhadap penyimpangan paulus dan pendudukan romawi atas israel adalah yudas iskariot, paulus adalah satu satunya orang yang mengatakan yudas adalah orang gila dan mati bunuhdiri. tidak ada satupun dari 12 murid yesus yang mengkisahkan tentang penyimpangan yudas melainkan justru Paulus sendirilah yang memusuhi Yesus dan ke12 Murid Yesus


Murid murid Yesus menurut Matius, Markus, Lukas, & Kisah Para Rasul

Kedua belas murid itu adalah :

  1. Simon, yang disebut Petrus
  2. Andreas, saudara Petrus
  3. Yakobus, anak Zebedeus
  4. Yohanes, anak Zebedeus
  5. Filipus
  6. Bartolomeus
  7. Tomas
  8. Matius, mantan pemungut cukai
  9. Yakobus, anak Alfeus
  10. Tadeus
  11. Simon, Orang Zelot
  12. Yudas Iskariot, yang mengkhianati Yesus

Setelah Pentakosta atau turunNya Roh Kudus, para murid disapa sebagai Rasul atau apostolos; apostello atau mengutus dengan tujuan khusus, diutus. Istilah ini menunjuk pada setiap utusan yang ditugaskan dan diutus sebagai Pemberita Injil serta mempunyai tanggung jawab khusus lainnya, Kis 14:4, 14, Rom 16:7, 2 Kor 8:23, Flp 2:25


Turunnya Roh Kudus

 

Syarat menjadi Murid Yesus : 
Matius 16:24. dan Markus 8 : 34 " Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. "

 

 

 

 

 

Salam,
 
Dwi Hartoyo, SP

0 comments :

Poskan Komentar

Design by NewWpThemes | Terima kasih telah berkunjung di blog Restsindo